Sunday, April 24, 2016

WORKSHOP PAPER QUILLING

Helaw night all :3
Malem ini aku pengen share tentang workshop paper quilling yang aku ikutin tanggal 20 Maret 2016 kemaren. Ceritanya waktu itu ga sengaja nemu gambar pamflet di instagramnya @diy.id. Berhubung aku emang suka sama yang begituan tanpa pikir panjang langsung hubungin contact person yang ada di gambar deh hehehe.
Oiya sebelumnya ada yang belum tau tentang paper quilling? ciyus? macaci? huum? okeoke, sebenernya kalo disuruh mendefinisikan apa itu paper quilling aku rada bingung juga sih, tapi aku baik kok mau nyariin definisinya di blog lain wkwkwkwk. Menurut blog inipaper quilling adalah seni menggulung kertas, hasil gulungan tersebut dirangkai sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk yang menawan. Di Indonesia sendiri paper quilling sudah cukup populer, tetapi belum sepenuhnya menyebar.
Gimana udah ngerti kan? Contoh hasil paper quilling udah banyak pake banget kalo kita mau cari-cari di internet. Sekarang aku cuma pengen penuh-penuhin gugel aja sih biar kece gitu. Aku sendiri udah tau tentang paper quilling ini sejak SMA. Kalo sekarang aku udah jadi mahasiswi tingkat tiga, paling engga udah 4 tahun lah. Dulu juga sempet coba buat sih, coba cek aja hasil scrapbook akuh di blog ini. Tapi cuma paper quilling ala kadarnya dan ga bener-bener ngeh gimana tekniknya, asal gulung-gulung kertas ga jelas gitu. 
Kayanya waktu itu aku juga udah jelasin gimana cara buat paper quilling, tapi karena judulnya scrapbook, jadi aku jelasinnya ga secara khusus alat dan bahan apa aja yang dibutuhin buat paper quilling ini. Langsung aja deh, alat bahan yang dibutuhin :
1. Kertas Spektra
Kertas ini sama kaya kertas A4 biasa, cuma beda di warna aja sih jadi keliatan menawan hati *apadeh. Dulu jaman SMA sebelum tau nama kertas ini adalah kertas spektra, aku buat paper quilling pake kertas lipat yang bolak balik, so if you don't know where to buy those papers kalian bisa pake kertas lipat biasa. Tapi inget ga semua kertas lipat bolak-balik, bagian tengahnya berwarna juga. Soalnya aku kemaren sempet beli kertas lipat yang bolak-balik, waktu dipotong tngahnya warnanya putih, jadi ga kece kalo dibuat paper quilling.
Buat kalian yang ada di Semarang, kalian bisa beli kertas spektra ini di toko buku dan alat tulis Merbabu Jalan Pandanaran deket Gramedia juga sih. Atau kalo yang tinggal di Bintaro, di BXC ada kok. Ciyeee kaya pernah ke BXC aja hahah. Eitssss jangan salah! Adinda ini kemaren abis PKL di Jakarta dan Alhamdulillah sempet ngehits ke sini juga. Tapi harga di toko Merbabu sama BXC beda jauh sis, kalo di Merbabu, 20 lembar kertas spektra 80 gram harganya Rp 4000. Kalo di BXC dengan jumlah yang sama bisa sampe Rp 7000, hmmm 
2. Pinset dan jarum quilling
Kalo ngomongin pinset, udah jelas kan ya ga perlu dijelasin lagi. Iya kalo di gambar itu yang ada motif bunga-bunga bermekaran. Nah kalo jarum quilling ini, sama kaya jarum biasa tapiii ujungnya kaya dibagi dua gitu. Ibarat rambut tuh jarum quilling ini yang ujungnya pecah-pecah. Waktu itu pernah beli di BXC harganya Rp 23000 udah ada kertas quillingnya dikit. Tapi belum juga dipake udah ketinggalan duluan di Jakarta. Kalo di instagram ada yang harganya Rp 10000, ada juga yang Rp 17000. But idk what's the differences among them.
3. Penggaris
Ini penggaris biasa yang ada lingkaran-lingkaran beda ukuran.  Banyak di toko buku ataupun alat tulis.
4. Gunting
5. Lem kayu
Lem kayu ini yang warnanya item dan kalo kering warnanya bening. Langsung sebut merk aja deh ya, yang merknya FOX ituloh wkwkwk
6. Paper shredder
Paper shredder ini bukan nama kertas ya sista-sista chantique, melainkan nama alat penghancur kertas. Sebenernya engga pake alat ini juga gapapa, tapi ya konsekuensinya kita gaboleh males potong-potongin kertas jadi lebarnya 0,5 cm. Yaps, paper shredder ini yang dipake oleh paper quiller (maksudnya mau nyebut seniman paper quilling sih) buat potong-potong kertas spektra tadi biar jadi kaya yang di bawah ini. 
Harga paper shredder kalo yang besar kurang tau juga sih, biasanya yang dipake buat bikin paper quilling ya yang mini paper shredder. Harganya sekitar Rp 85000-140000. 
7. Pensil
Kayanya kalo alat dan bahan udah sih. Nah, untuk pemula, kalo mau belajar teknik paper quilling caranya adalah belajar buat bentuk dasarnya, kaya begini nih.
Inget ya, cara pake jarum quilling adalah dengan menyelipkan kertas quilling ke sela-sela ujung jarum quilling. Supaya keliatan rapi jangan lupa lem dulu ujung kertasnya sebelum digulung. Udah deh selebihnya tinggal gulung-gulung biasa. Emmm kalo ada waktu deh aku posting tentang cara buat bentuk dasar teknik paper qulling. Tapi yaaa (((kalo sempet))) heheheheh
Taraaaa ini dia hasil paper quilling akuh!
Kalo mau liat hasil paper quilling yang lebih kece, bisa buka instagramnya mba asri di @widiyanaasri di sana juga ada gambar hasil lukis daun dari suami mba asri loh. Maaci banget loh @diy.id udah mau ngadain workshop super kece ini. Jadi bisa sedikit mengalihkan duniaku wkwkw. Selamat mencoba :3

19 comments:

  1. Paper quilling ini unik yah, karena membuat karya seni kertas, dengan cara yang ga biasa gitu. Kertasnya di lipet-lipet yah? Dilihat dari hasilnya, keren dan ketjeh abis. Jadi pengen aja ikutan workshop beginian. Apalagi kalau ada di Medan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh medan banget nih? minta sama diy.id ajaaaaa, kalo paper quilling kan rada ribet nah diy.id ini ga cuma buat paper quilling tapi handycraft lainnya juga ada. Banyak. banget. lebih unik malah

      Delete
  2. Dari SMA udah tau ? gue baru tau papper quilling ini sekarang malah -_-
    itu jarum quilling yang sering dipake kang sol sepatu kan ? mirip haha. Tapi hasil akhirnya bagus juga, dan kayaknya bisa buat aksesoris di atas kotak kado tuh, mut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh kang sol sepatu banget nih wkwk iya si kayanya mirip tapi bedaaaaa lah tapi kalo sama kang sol sepatunya bisa tuh kerja sambilan wkwk

      Delete
  3. Coba kamu g posting aku g bakal tau apa itu paper quilling, ciyus deh..
    Awalnya nih aku mikir, kok ada alat penghancur kertasnya, lah emang mau dibuat apa sama kertas-kertas yg diancurin? Apa seperti serpihan hati yg akan dibiarkab berserakan *eeaaaaa

    Akhirnya terjawab sudah, terutama lewat foto-fotomu. Oalah.. Koyok ngene paper quilling kuwi, jek tas paham. Hahaha..
    Bagus, apalagi yg happy itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kan emang namanya penghancur kertas, duh aku ga lagibikin baper orang kan :") wkwk

      Delete
  4. Kayaknya bener deh kalau Paper quilling ini sudah populer tetapi belum mnyebar. cthnya gue yg blm tau sama sekali apa itu paper quilling. dan untung di beritau sama sari.

    unik2 ya hasil paper quilling ini. harus kreatif kayaknya bikin paper quilling ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo emang bener-bener pecinta handycraft khususnya papercraft pasti tau, yaudah ntar suruh buatin cewenya aja wkwk

      Delete
  5. cakep bener hasil paper quilingnya. berapa jam itu ngerjainya? boleh dong gue dibuatin gituan. ahahahai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. empat mingguuuuuuu!!!! hahahah abis ga langsung diselesain tapi nyicil gitu mana kepotong UTS heheheh

      Delete
  6. Baru tau loh aku apa itu Paper Quilling hehe, ternyata menggulung kertas pun juga ada seninya yaa.

    Benda-benda diatas kayaknya nggak terlalu susah amat yaaa buat dicari kalau memang pengen membuat Paper Quilling. Tapi kayaknya diatas ini cuman benda-benda yang harus dipersiapin aja yaa, untuk cara teknik dasarnya belum yaa. Ditunggu deh postingan tutorial teknik dasarnya bikin PAper Quilling.

    ReplyDelete
  7. Udah sering denger dan lihat apa itu paper quilling tapi belum pernah coba, karena saya nggak yakin bisa bikin dan bukan tipe orang yang suka duduk diam sambil menggulung kertas. Dulu sih pernah main kokoru, itu juga cuma dipake sekali.. hihihi... payah yah...

    padahal kerajinan tangan model begini juga bisa menghasilkan duit, cuma ya itu bikinnya kok males.. hehehe...

    ReplyDelete
  8. Baru tau kalau namanya itu, yang aku tau itu scrapbook aja mau gimanapun bentuknya. Kalau ngeliat orang buat ini sih gampang terua simple, tapi aku yakin ini susah banget kan?

    Aku orangnya ga kreatif sih jadi males buat beginian, mending minta bikinin aja sama yg bisa. Kamu bisa kan ya? Bikinin dongg..

    ReplyDelete
  9. Bedanya sama origami apa? Kan sama sama gulungin kertas :D

    Yah, kalo bikin ginian kurang suka, bukannya gak mau, tapi jiwa seni gue itu kurang kali -_-, entah kenapa, ini aja ada tugas seni budaya, bikin sajadah dari benang wol, kan kelompok gitu, gue ngerjainnya cuman gulungin benang aja. :v

    Kerenn paper quillingnya, bisa order? Hahaha

    ReplyDelete
  10. woh, jadi kesenian kayak gitu namanya paper quiling toh. baru tau saya.
    emm, harus pakai penggaris juga ya... lumayan sih, nambah ilmu bikin kerajian tangan kayak gitu.

    ReplyDelete
  11. Ilmu baru lagi nih. Jujur, kalo aku pribadi baru tau kalo ada seni kertas yang namanya Paper Quilling gitu. Kapan-kapan bisa kali ya, minta diajarin buat paper quiling nya hehe...

    ReplyDelete
  12. Beli alat quilling di Semarang, di toko mana ya...? Kalau bisa yang lengkap, bukan cuma kertasnya aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di merbabu ada sih kayanya. Waktu itu nanya sama mba-mba nya merbabu katanya biasanya ada cuma lagi abis aja gitu.

      Delete